Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 20 Oktober 2012

Produk Ramah Lingkungan dan lebih kuat

Maraknya penebangan kayu secara ilegal (illegal logging), yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global (global warming), membuat banyak pihak yang peduli lingkungan mencari alternatif material lain untuk menggantikan fungsi kayu. Di sektor perumahan, fungsi kayu pun telah diganti dengan material lain yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, atap rumah diganti dengan bahan baku alternatif: baja ringan.
Menurut Nazaruddin Khuluk, seorang praktisi dan akademisi di bidang arsitektur, bahan baku baja ringan adalah baja lapis ringan bermutu tinggi dengan standar high tensile strength. Saat ini yang terbaik adalah baja ringan dengan standar spesifikasi G550 (5500 kg/cm) atau tegangan leleh 550 Mpa.
Karena sifat dasar baja dapat berkarat, maka dibuat proteksi untuk melindungi baja dari karat tersebut. Ada dua jenis proteksi: galvaniz atau pelapis yang terbuat dari seng dan zincalume yang terbuat dari campuran seng, aluminium, dan silikon.
Dari segi kekuatan, baja ringan jelas lebih unggul dibanding kayu. Menggunakan baja ringan, tidak perlu takut rayap, sehingga pasti lebih tahan lama.
Kendala yang umum dihadapi adalah harganya yang terbilang mahal.
“Sekarang telah banyak produsen baja ringan yang menggunakan sofware khusus untuk mengerjakan proses instalasinya. Saran saya, untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan, sebaiknya proses instalasi diserahkan kepada produsen atau aplikator yang bersertifikasi, tidak dikerjakan sendiri,” papar Nazaruddin.
Tip Memilih Rangka Baja Ringan: 
  • Kekuatan baja. Bahan baja memiliki beragam tingkat kekuatan. Saat ini yang terbaik adalah baja ringan yang memiliki spesifikasi G550 atau tegangan leleh 550 Mpa. Bahan ini berbeda dengan baja konvesional yang memiliki tegangan leleh 300 Mpa (G300).
  • Cermati desain dan perhitungan struktur. Ada beberapa tipe penyedia rangka atap baja ringan. Produsen ternama banyak menggunakan software khusus untuk membuat rancangan desain dan menghitung tingkat kekuatannya. Software ini diyakini dapat menghitung tingkat kekuatan baja ringan secara lebih detail. Bahkan dalam software ini, beban bangunan dapat disimulasikan. Dari software ini antara lain dihasilkan gambar kerja rinci yang menunjukkan dimensi baja ringan, jenis sambungan, dan jumlah sekrup di setiap sambungan.
  • Cek sertifikasi pemasang. Anda perlu memastikan bahwa pemasang rangka atap baja telah memiliki sertifikat. Dengan demikian Anda mendapat jaminan, bahwa desain gambar yang benar akan dipasang dengan benar pula.

Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan
Melayani area : Purwakarta, karawang, Subang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Cianjur, Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Banjar, Sumedang

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Perusahaan

Foto saya
Purwakarta, karawang, Subang, Sumedang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Cianjur, Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Banjar, Jawa Barat, Indonesia
RANGKA ATAP BAJA RINGAN Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Melayani area : Purwakarta, karawang, Subang, Sumedang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Cianjur, Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Banjar

Cipulus

Blogger news



Blogroll

Office :

Jln, Raya Cikopo - Cikampek, Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta,
Propinsi Jawa Barat
E-mail : imansupriatna13@yahoo.co.id

Telphone :
0819 0956 6444
0812 8229 6678
====================================
Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan
Melayani area : Purwakarta, karawang, Subang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Cianjur, Bandung, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Banjar, Sumedang

Pengikut



oleh..

CV. MAKMUR SEJAHTERA
RANGKA ATAP BAJA RINGAN TERPERCAYA DI PURWAKARTA

About